Connect™ Wireless Drives Pertama dari SanDisk


SanDisk yang telah lama di dunia flash memory ini baru saja merilis dua penyimpanan yang menghubungkan langsung dengan koneksi Wi-Fi. Dua penyimpanan itu adalah Connect™ Wireless Media and Flash Drive.

Mari kita simak, seperti apa ulasan yang kita dapat dari kedua penyimpanan tersebut.

Sandisk's Connect Wireless Media Drive and the Connect Wireless Flash Drive (source: CNet)

Sandisk’s Connect Wireless Media Drive and the Connect Wireless Flash Drive (source: CNet)

Kedua perangkat ini tentu saja sudah tersedia battery, 802.11n Wi-Fi Network, dan mendukung beberapa perangkat yang terhubung diwaktu yang sama. Saat kita terhubungan dengan perangkat penyimpanan ini, secara tidak langsung, kita terhubung dengan Wi-Fi atau jaringan internet. Jadi, tidak hanya melakukan transfer dan stream data tetapi, ber-internet ria juga bisa. Seperti koneksi Wi-Fi pada umumnya, sebelum kita terhubung dengan drive tsb, kita harus mengetahui Password yang berbasis WPA2.

Perangkat yang terhubung dengan Wireless Drive ini tidak hanya komputer/PC, melalui tablet ataupun smartphone juga bisa. Tetapi, untuk smartphone, pengguna harus meng-install terlebih dahulu aplikasi yang sesuai, saat ini telah tersedia di Play Store, App Store, dan juga Amazon, untuk Media dan Flash Drive secara terpisah.

Jika, ingin melakukan tahap yang tradisional, pengguna bisa men-koneksi-kan drive tsb di Komputer/PC melalui USB, drive sebagai USB External Storage dan akan melakukan pengisian battery, jika dari keadaan penuh dan standart, mencapai 8 jam penggunaan untuk Media Drive dan 4 jam penggunaan untuk Flash Drive.

Dari kedua produk diatas, ada perbedaan yang sangat mencolok.

Connect™ Wireless Flash Drive

This slideshow requires JavaScript.

Connect™ Wireless Flash Drive ini tidak memiliki internal memory, hanya battery dan slot untuk microSD. Ada dua pilihan kapasitas microSD, ada yang 16GB dan 32GB, apa yang anda pilih tersedia didalam box. Setelah itu, kamu bisa melakukan penyimpanan, menikmati streaming, dll seperti biasa. Jumlah untuk perangkat yang terhubung bersamaa sebanyak 8, dan 3 untuk HD-streams.

Connect™ Wireless Media Drive

Sandisk_MD_1_CNet

Dan untuk Connect™ Wireless Media Drive, memiliki perbedaan dari segi ukuran, ketebalan sekitar 0.5 inch dan panjang sekitar 2.5 inch. Dengan ukuran yang lebih besar dari yang lainnya. Drive ini memiliki internal memory (32GB atau 64GB) dan juga ada slot untuk SD Card. Dengan menambahkan SD Card yang saat ini mencapai 128GB, penyimpanan yang bisa kita dapat mencapai 192GB (internal: 64GB ; SD Card: 128GB).

Dengan ukuran drive yang compact, kita dapat penyimpanan yang cukup besar. Serta, dengan slot SD Card, kita dapat berbagi video dan/atau foto lebih cepat. Penyimpanan yang lega ini hanya mendukung 8 perangkat yang terhubung secara bersamaan, 5 perangkat untuk HD-streams, dan daya tahan battery.

Jika kita banding kan dengan kompetitornya, Kingston dengan Wi-Drive nya, itu hanya bisa 128GB saja tanpa slot memory. Dan nyata-nya, ukuran device kompetitor lebih besar dari device milik SanDisk.

Mengenai harga, seperti yang dilansir oleh CNet, untuk Connect Wireless Flash Drive sekitar Rp 500.000,- yang 16GB dan 32GB sekitar Rp 600.000,-. Sedangkan, untuk Connect Wireless Media Drive 32GB Rp 800.000,- dan 64GB Rp 1.000.000,- , (1 USD = Rp 10.000,-). Dan akan segera dipasarkan awal Agustus 2013, saat ini sudah dibuka untuk Pre-Order di SanDisk Store dan Amazon secara online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s