“Manisnya” Jelly Bean


Bagi kamu yang menjadi penjelajah makanan, pasti tahu dengan nama berikut, Jelly Bean, makanan yang cocok sembari menonton televisi ini telah menjadi salah satu nama sistem operasi ke versi 4.1 dari Google yang sebelumnya Ice Cream Sandwich (ICS). Artikel kali ini akan membahas tentang fitur yang telah disempurnakan dan update alert perdananya.

Jelly Bean, versi 4.1 dari sistem operasi Android milik Google ini tengah memberikan update alert ke produk Android yang telah melalui tahap percobaan untuk siap menerima sistem operasi ini seperti Galaxy Nexus, Nexus S, Motorola Xoom dan Nexus 7. Sistem operasi yang beri diperkenalkan bulan Juni lalu ini memiliki penyempurnaan dari sebelumnya ICS.

Penyempurnaan dari ICS ini seperti Project Butter untuk membebaskan dari lag hingga Smart Voice. Berikut perubahannya yang kami kutip dari detikINET.

Project Butter

Android ICS sudah cukup mempesona dengan tingkat responsifitas yang lebih baik, namun Jelly Bean menawarkan kenyamanan yang lebih berkat Project Butter.Project Butter dalam Jelly Bean tak hanya mengubah tampilan Android lebih menarik, namun diklaim juga dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada tiap-tiap ponsel.

Google mengklaim ada 3 hal yang membuat Project Butter tampil mempesona, Vsync untuk anti flickr, lalu Triple Buffering untuk mengoptimalkan OpenGL, kemudian optimalisasi pada prosesor untuk meningkatkan responsifitas ponsel.

Jadi bukan cuma sentuhan saja yang direspon dengan cepat, Jelly Bean juga membuat perpindahan aplikasi semakin smooth.

Google Now

Google Now merupakan aplikasi berbasis lokasi yang diklaim mampu memberikan banyak informasi kepada penggunanya, ini adalah salah satu fitur unggulan di Jelly Bean.
Tak seperti sistem berbasis lokasi pada umumnya, Google Now dapat bekerja menggunakan search history dari browser, kalender serta lokasi pengguna. Hal ini diyakini dapat menghasilkan informasi yang lebih relevan untuk masing-masing pengguna.

Misalnya, ketika pengguna sedang ada jadwal meeting disuatu tempat. Google Now akan membantu Anda untuk mengingatkan agar datang tepat waktu dengan menginformasikan estimasi lama perjalanan, jadwal bus untuk sampai ke tempat tujuan, dan lain-lain.

Notifikasi Pintar

Bar notifikasi yang ada di Jelly Bean kini dibuat lebih pintar. Katakanlah ketika pengguna mendapat panggilan tak terjawab, maka untuk menelpon kembali melalui bar notifikasi tersebut.

Widget yang Selalu Pas

Widget kini semakin cerdas. Mereka kini dapat menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan space yang tersisa di layar. Sehingga widget berukuran besar sekali pun akan tetap lebih sedap dipandang.

Galery Foto Anyar

Pada Android ICS pengguna sudah ditawarkan mengambil gambar tanpa lag serta kemampuan Burts yang memukau, di Jelly Bean pembenahan justru dilakukan pada aplikasi galery foto.

Pencarian dengan Suara yang Cerdas

Memang, sudah sejak lama pengguna bisa melakukan pencarian web dengan perintah suara di Android, tapi kini fitur tersebut dibuat lebih pintar dengan kemampuan menjawab.

Selain itu, A smarter keyboard.
Ketika sedang mengetik pesan, maka keyboard secara cerdas akan memprediksi kata apa yang ingin Anda ketik selanjutnya.

Dan juga ada hal yang tersembunyi dari Jelly Bean ini yang menjadikan tradisi karena generasi sebelumnya pun ada hal ini yang disesuaikan dengan versi, Pada Gingerbread apabila nomor versi OS di dalam menu “setting” diketuk berulang-ulang, perangkat akan memunculkan gambar “Zombie Art”.

Pada Honeycomb, yang muncul adalah seekor lebah, lalu pada Ice Cream Sandwich, ada gambar robot Android terbungkus dalam sandwich es krim.

Kali ini, pada Android versi 4.1 atau Jelly Bean, yang muncul ketika nomor versi Android ditekan adalah sebuah permainan di mana pengguna bisa melontarkan sejumlah permen “Jelly Bean” yang tersebar di layar.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat video dari Engadget berikut ini.

Tapi, selain penyempurnaan dan fitur tambahan lainnya, adapula yang sekiranya menghilang dari Jelly Bean ini, yakni Flash Player. Dari kabar yangkami terima, bahwa untuk versi kali ini Adobe selaku pemilik dari file pendukung Flash Player ini tidak akan memberikan aplikasi instalasi atau tidak akan tersedia di Google Play, tetapi bagi yang sudah terinstall masih dapat mendapatkan update rutinnya.

So, bagi kamu yang ingin mencoba OS terbaru ini bisa dengan membeli perangkat baru seperti Nexus 7 dan Motorola Xoom, untuk gadget yang lainnnya akan menyusul.🙂

Sumber:
detikInet ‘Manisnya’ Android Jelly Bean Sudah Bisa Dicicipi
detikInet 6 Fitur ‘Manis’ di Android Jelly Bean
Ada Game Tersembunyi di Android Jelly Bean – KOMPAS Tekno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s