Windows 8, Let’s Try!!


Windows 8, mungkin sistem operasi ini sudah kamu ketahui beberapa bulan yang lalu. Cukup banyak kabar-kabar yang terlintas dari sistem operasi ini, baik dari fiturnya, kecanggihannya, dll yang mampu menarik perhatian sesorang. Operating System (OS) keluaran Microsoft akan saya ulas sebagai berikut. Oh ya, sekedar info saja, artikel ini aku ambil dari Tekno Kompas.com dengan perubahan seperlunya.

Microsoft secara resmi akhirnya merilis sistem operasi terbarunya Windows 8 dalam konferensi BUILD yang dihadiri ribuan pengembang aplikasi di Anaheim, California, Selasa (13/9/2011) oleh Presiden Divisi Windows Microsoft, Stefen Sinofsky.

Dalam presentasinya, ia menjelaskan bahwa Windows 8 memang akan menawarkan pengalaman baru dibanding sistem operasi sebelumnya yang mendukung penuh fitur layar sentuh dan bisa digunakan di semua jenis perangkat baik PC maupun tablet.

Dari sisi tampilan, sistem operasi ini menyajikan menu yang segar seperti Windows Phone 7. Dari menu awal, penggunannya juga bisa langsung mengakses daftar teman dalam jejaring sosialnya dan menu-menu favorit cukup menggeser layar dengan sentuhan jari.

Software ini juga mendukung berbagai platform hardware. Tidak seperti versi-versi Windows sebelumnya yang hanya mendukung arsitektur prosesor x86, Windows 8 juga mendukung chip ARM yang banyak dipakai di perangkat tablet umumnya. Bentuk perangkatnya pun bisa jauh lebih ramping dan tipis serta bakal punya daya tahan baterai lebih lama.

Sinofsky memastikan bahwa semua software yang berjalan di Windows 7 akan juga bisa dipakai pada Windows 8. Sedikit berbeda adalah dalam hal pendekatan pengguna untuk mengakses beberapa jenis aplikasi. Kalau sistem operasi sebelumnya memaksa pengguna selalu membuka aplikasi satu demi satu, pada Windows 8 kolaborasi antaraplikasi mulai diterapkan. Misalnya lewat fitur yang memungkinkan pengguna mengakses informasi email, Twitter, dan jejaring sosial dalam satu tampilan.

Saat ini, Windows 8 memang baru diperkenalkan untuk para pengembang karena baru versi developer preview. Belum ada kepastian kapan software ini akan mulai didistribusikan ke pasar. Masih harus melalui tahap beta, release candidate, dan release to manufacturing, sebelum didistribusikan. “Kami pastikan dulu kualitasnya dan tidak tergantung pada tenggat waktu,” ujar Sinofsky.

Sinofsky menyebut software versi terbaru ini sebagai “reimagining Windows” karena tampil seperti benar-benar baru dibandingkan versi-versi Windows sebelumnya.

Banyak sekali kelebihan dalam Windows 8 ini. Salah satu kelebihan yang diusung oleh Windows 8, adalah kecepatan booting Windows 8 lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan monitor untuk menyala ±8 second.

“Ini hampir lebih cepat dari kecepatan monitor untuk menyala dan kadang lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan fan untuk menyala,” kata Michael Anguilo, kepala ekosistem Windows 8 Microsoft. Anguilo menambahkan, tak ada lagi flashing layar BIOS. “Tak ada karakter aneh yang terlihat. Ini akan langsung ke layar mula,” ujarnya.

Situs Crazyengineer dalam laporannya menyebutkan bahwa Windows 8 hanya butuh waktu 8 detik untuk booting. Kecepatan booting ini merupakan hasil dari teknik “hibernasi” yang dikembangkan Microsoft. Teknik ini memungkinkan Windows 8 untuk menyimpan data aplikasi yang pernah dibuka dan dokumen yang tak tersimpan sehingga booting lebih cepat.

Teknik ini dilakukan dalam arti, Windows 8 tidak menyimpan seluruh running application namun hanya sesi inti. Ini membantu sistem operasi sehingga tidak harus membangun seluruh data penggunaan pada sesi sebelumnya dan demikian lebih hemat waktu.

Pengalaman yang berbeda juga diberikan Windows 8 ketika pengguna log on. Untuk log on, pengguna bisa melakukan dengan berbagai cara, mulai dari memasukkan password konvensional maupun PIN terdiri dari 4 karakter. Ada juga Password Gambar, di mana pada device layar sentuh, pengguna cukup mengusap foto tersebut dengan cara tertentu untuk log on.

Ada banyak hal baru yang ditemui di Windows 8 dan belum ada di versi Windows sebelumnya. Berikut daftar 10 yang paling baru yang perlu Anda ketahui di Windows 8:

  1. Metro

    Dengan Windows 8, era explorer yang menyusun semua dalam bentuk folder berakhir. Dekstop tetap masih ada, namun didesain ulang dengan rancangan yang lebih simpel dan langsung menyediakan akses kepada pengguna ke berbagai aplikasi yang dimilikinya. Desain desktop baru yang diberi nama Metro ini berisi update informasi mulai dari tanggal, agenda, email, posting di jejaring sosial, serta semua aplikasi yang ada.

    “Windows 8 memperkenalkan gaya interface baru disebut Metro yang dibangun untuk perangkat layar sentuh, yang menunjukkan informasi penting, mendukung simplicity dan memberi Anda kontrol,” Kata Sinofsky seperti dikutip International Business Times hari ini (14/9/2011).

    Pada dasarnya, tampilan ini telah diaplikasikan di Windows Phone 7 pada smartphone. Tetapi, saat ini tampilan ini merambah di notebook, PC, dll.

  2. Internet Explorer 10

    Berdasarkan keterangan Sinofsky dalam konferensi kemarin, IE 10 akan memungkinkan pengguna melakukan pencarian baik data di dekstop maupun web lewat mesin pencari Microsoft Bing. Pengguna juga bisa menggunakan virtual “thumb” dan soft keyboard untuk melakukan aktivitas pencarian tersebut.

    Di luar sebagai browser, IE 10 juga akan berperan banyak di Metro UI. Pengguna bisa berlancar di internet dengan versi ringan IE 10. Metro IE 10, demikian versi itu disebut, memungkinkan pengguna mengakses situs yang sering dikunjungi.

    Metro IE10 juga memiliki address bar dan set perintah di bagian bawah serta tab di bagian atas. Metro IE 10 juag mendukung privat tab jika pengguna ingin menjalankan fitur InPrivate pada browser. “Draw Mode” akan membantu pengguna melakukan draw di layar sementara, fitur ini mungkin lebih cocok jika digunakan di tablet pc atau gadget yang mendukung layar sentuh, serta “enhance magnifier” membantu pengguna memperbesar bagian layar tertentu saja.

  3. Modifikasi Task Manager dan Control Panel

    Windows 8 juga memiliki Task Manager yang telah dikembangkan, dimana aplikasi akan di-list secara independen sehingga pengguna bisa melihat statistik, seperti penggunaan CPU, memori serta kinerja aplikasi.

    Control Panel di Windows 8 juga dimodifikasi. Control Panel jadi memiliki interface seinsitif dengan daftar kategori di sebelah kiri dan pilihan kategori di sebelah kanan. Pengguna bisa melakukan personalisasi lock screen.

  4. Refresh dan Reset

    Fungsi Refresh memungkinkan pengguna untuk mengetes dan membandingkan set up sistem lama dan baru dengan bantuan fitur baru disebut Windows Assesment Console. Pengguna juga bisa melihat dampak dari set up software terhadap kinerja hardware. Refresh bisa dilakukan tanpa mempengaruhi file.

    “Reset” memungkinkan pengguna mengembalikan PC ke setting perusahaan. Pengguna bisa menghapus program yang telah di-install namun tetap mempertahankan akun pengguna dan file personal.

  5. Prosesor ARM

    Selain mendukung arsitektur chip x86 dari Intel dan AMD, Windows 8 juga bisa bekerja pada perangkat dengan prosesor berbasis ARM. Misalnya prosesor Nvidia Tegra, Snapragon dari Qualcomm, dan OMAP dari Texas Instrument.

  6. Booting

    Seperti ulasan diatas, fitur yang satu ini, Waktu booting Window 8 super cepat, hampir mengalahkan waktu yang dibutuhkan oleh monitor untuk menyala. Lihat artikel sebelumnya, “Waktu Booting Windows 8 Hanya 8 detik”

  7. Windows 8 Apps Store

    Fitur ini tak mengejutkan sebab sejak booming-nya Apple Store, banyak pihak mencoba membuat apps store serupa. Adanya fitur ini akan menambah senjata Microsoft untuk melawan Apple. Windows 8 Apps Store memberikan insentif bagi pengembang yang membuat aplikasi Metro untuk Microsoft. Pengguna akan bisa menggunakan Win32 dan Metro Apps untuk melakukannya.

  8. Dukungan Teknologi NFC

    Teknologi NFC pada Windows 8 telah dipamerkan dalam konferensi BUILD kemarin. Dengan menggunakan kartu nama yang mendukung NFC, pengguna bisa mengambil alamat web pada kartu nama itu dengan menggunakan tablet lewat langkah sederhana, mengarahkan sudut tablet pada kartu nama itu serta mengambil seluruh notifikasinya.

  9. Hyper V Virtualization Technology

    Hyper V memungkinkan developer untuk mempertahankan mulyiple test environment dan menyediakan mekanisme sederhana untuk berpindah dari lingkungan tersebut tanpa biaya tambahan hardware.

  10. Sistem Keamanan Sejak “Booting”

    Windows 8 menjanjikan keamanan sejak menyalakan komputer Soal booting sendiri, bukan hanya kecepatan yang dijanjikan, tetapi juga keamanannya. Windows 8 dilengkapi dengan Secure Boot yang bekerja dengan BIOS berbasis UEFI sehingga bisa melindungi PC dari malware saat booting. Dengan ini, Windows 8 menjanjikan keamanan sejak sebuah PC, notebook, ataupun tablet dinyalakan.

Ingin mendownload/mencoba OS terbaru dari Microsoft, Windows 8. Pada dasarnya, unduhan ini khusus untuk para pengembang (Developer). Namun demikian, bukan berarti Anda tak bisa mencobanya. Semua orang dapat mencobanya gratis dengan mengunduh dari situs yang telah disediakan Microsoft.

Ada tiga versi yang disediakan masing-masing dua untuk sistem 64 bit dan satu untuk 32 bit. Berikut tiga versi yang disediakan berikut link untuk mengunduh masing-masing versi.

Windows Developer Preview English, 32-bit (x86) (Size: 2,8 GB);

Windows Developer Preview English, 64-bit (x64) (Size: 3,6 GB);

Windows Developer Preview with developer tools English, 64-bit (x64) (Size: 4,8 GB).

Oh ya, sekedar info saja seperti yang dinyatakan oleh Microsoft, Windows 8 versi developer preview ini belum final sehingga setelah selesai mengunduh, Anda harus menyimpannya di CD atau flashdisk.

Jika memilih versi dengan “developer tools”, pengguna hanya bisa melakukan clean install. Namun, jika Anda memilih yang lain, Anda bisa melakukan upgrade dari Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7.

Sebelum mengunduh, Anda harus benar-benar memahami bahwa sistem operasi ini belum final sehingga masih ada kekurangan di sana sini. Anda juga perlu memastikan bahwa perangkat keras yang dimiliki mendukung Windows 8. Microsoft menyatakan bahwa semua perangkat yang mendukung Windows Vista dan Windows 7 bisa mendukung Windows 8.

Agar performa yang akan ditampilan bagus, untuk Windows 8 x86 (32 bit) spesifikasi minimal adalah prosesor 1 GHz, Ram 1 GB dan kapasitas penyimpanan 16 GB. Sementara untuk x64 (64 bit), Anda membutuhkan prosesor 1 GHz, RAM 2 GB dan kapasitas penyimpanan 20 GB. Tak peduli pilihan yang akan diunduh, anda butuh DirectX 9 compliant GPU dengan WDDM 1.0 atau driver lebih tinggi.

Itulah ulasan dari Tekno Kompas.com yang telah saya postkan di sini.

🙂

.

Sumber: Tekno Kompas.com , artikel yang berhubungan Windows 8. (s/d tgl 16 September 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s