Andakah Calon Penguji Google Wave?


Aplikasi terbaru Google yang paling ditunggu-tunggu kini makin dekat kehadirannya. Mulai besok (Kamis, 1/10), pengembang bakal mengirimkan undangan kepada 100.000 orang untuk menjadi pengujicoba Google Wave.

Sekadar mengingatkan, Google Wave merupakan software komunikasi dan kolaborasi yang mengintegrasikan beberapa feature ke dalam satu aplikasi. Mulai dari e-mail, instant messaging, jejaring sosial, blog, wiki, manajemen multimedia, dan sharing dokumen. Antarmukanya didesain khusus dalam satu jendela guna memudahkan kolaborasi dan pembangunan komunitas.

Dalam situs GoogleBlog, Lars Rasmussen (engineering manager) dan Stephanie Hannon (group product manager) mengakui aplikasi tersebut masih jauh dari sempurna. Namun pihaknya telah siap menerima saran, kritik, dan masukan terhadap versi iterasi yang ada kini. Tentu demi kelancaran pengembangan selanjutnya.

Jumlah 100.000 orang ini pun kemungkinan bisa bertambah pada masa yang akan datang. “Nanti kami akan bertanya kepada para penguji saat ini, siapa saja teman atau kerabat yang mereka rekomendasikan untuk ikut mengetes Google Wave,” ujar Rasmussen dan Hannon.

Baru-baru ini pihak Google mengibaratkan Google Wave layaknya “pisau Swiss Army” dalam bidang layanan online. “Kami sangat berharap Wave akan menghasilkan imbas yang sangat besar (terhadap layanan online). Namun itu tergantung dari usaha kami menjelaskannya kepada publik. Oleh karena itu, kami bergerak cepat dalam sounding kepada mereka, dimulai dari para developer” lanjut Rasmussen.

Tingginya perhatian Google terhadap Wave terlihat dari pertemuan rutin dengan para developer yang mereka gelar pekan lalu. Isi pertemuan dicurahkan khusus untuk membahas Google Wave. Dua otak di balik kelahiran Wave hadir, begitu pula product manager-nya untuk memberikan demo mendalam kepada tamu-tamu yang hadir.

Pujian diluncurkan dari mulut Ernest Lombardi (web developer Sapphire Technology) dan Ken Dulaney (analis Gartner). “Wave adalah sesuatu yang sederhana, jenius, dan terbuka. Konsepnya evolusioner dan berpotensi mampu berpengaruh terhadap semua lini, terutama komunikasi internet,” tutur mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s