Mau Menguji Firefox 3.6 Fase Alpha?


Vendor perangkat lunak Mozilla akan segera memperkenalkan peramban Firefox versi terbaru, 3.6 (nama kode Namoroka). Waktu itu, info yang didapat menyebutkan versi ini akan dirilis pada tahun 2010.

Ternyata Mozilla sepertinya akan mampu menghadirkannya lebih cepat. Dalam roadmap yang dipublikasikan pada situs MozillaWiki, mereka menargetkan peluncuran Firefox 3.6 pada bulan November 2009 atau hanya berselang satu bulan dari rencana pengedaran fase Release Candidate-nya (pertengahan Oktober 2009). Sebelum itu, Mozilla merancang penerbitan fase Beta 1 dan Beta 2 masing-masing pada awal dan akhir September 2009.

Nah, perkenalan dengan Firefox 3.6 sudah bisa dimulai sejak Jumat pekan lalu. Mozilla memublikasikan secara resmi Firefox fase Alpha 1 (atau sebenarnya cukup disebut Alpha, karena dalam roadmap tak bakal ada fase Alpha 2). Namun mereka sejak dini mewanti-wanti pengguna awam supaya jangan buru-buru mengunduh peramban fase ini. Dirilisnya versi Alpha memang sebetulnya ditujukan bagi para pengembang dan penguji tingkat lanjut untuk melakukan tes terhadap operabilitas Namoroka. Sesuai platform open source Gecko yang dipakai dalam mengembangkan produk peramban web ini, Mozilla mengharapkan masukan dan umpan balik terhadap bug-bug yang masih terdapat dalam rilisan fase Alpha. Mereka pun membuka kesempatan bagi pengembang yang mau menambahkan peranti add-ons.

Dalam keterangannya, Mozilla memaparkan fitur-fitur baru yang ada dalam Namoroka fase Alpha ini, di antaranya ialah beberapa properti CSS3 meliputi penyesuaian ukuran dan gradien untuk gambar latar, peningkatan kecepatan terhadap engine JavaScript TraceMonkey, serta perbaikan respon sepanjang operasionalnya. Mozilla menjanjikan peningkatan yang nyata dalam interaksi peramban, misalnya kecepatan startup jendela dan saat membuka tab baru. Personalisasi dan kustomisasi pun dipermudah dengan terintegrasinya proyek Mozilla Labs Personas, perbaikan Awesomebar, dan form autocomplete.

Menurut Mike Beltzner (direktur Firefox), versi 3.6 merupakan perubahan minor dari Firefox 3.5 yang belum lama ini dilansir. Istilahnya, versi ini adalah “pengantar” menuju Firefox 3.7 yang sudah direncanakan akan dilempar tahun 2010. Walau begitu, bagi pengguna Firefox yang akan atau sudah membeli Windows 7, Firefox 3.6 telah mendukung beberapa fitur unik yang dimiliki sistem operasi tersebut, contohnya Aero Peek.

Anda tertarik menguji Namoroka Alpha?

Klik Here.

Sumber : Info Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s