HP Touchsmart IQ500


Konsep all-in-one PC (atau komputer yang komponennya menyatu di belakang layar) memang bukan sesuatu yang baru. Jika iseng membuka InfoKomputer edisi lama, Anda akan menemukan pengujian kami terhadap all-in-one PC seperti Apple iMac dan NEC Versa 5000. Namun dari semua PC tersebut, HP Touchsmart IQ500 mungkin adalah yang terkeren. Bukan saja karena dilengkapi fasilitas yang komplit (seperti WiFi, TV Tuner, dan card reader), namun juga karena perangkat ini mendukung layar sentuh. Jadi alih-alih menggunakan keyboard dan mouse untuk mengoperasikan perangkat ini, kita tinggal gerakkan jari di atas layar berukuran 22 inci-nya.

Untuk mendukung fungsi layar sentuh tersebut, HP menyertakan aplikasi khusus bernama MediaSmart. Ini pada dasarnya adalah software yang berjalan di atas sistem operasi Windows Vista, berfungsi sebagai antarmuka yang memudahkan kita menggunakan Touchsmart. Tinggal tekan tombol bergambar rumah, aplikasi ini akan terbuka dan mengisi seluruh layar. Dari sini, kita tinggal geser ke kiri dan kanan untuk mencari aplikasi yang ingin kita jalankan.

Ketika dicoba, MediaSmart memang terasa menyenangkan. Dengan menggeser jari ke kiri/kanan, kumpulan aplikasi yang tersusun di atas area seperti pita tersebut akan menggeser dengan gerakan yang dinamis. Setiap aplikasi juga diwakili icon berukuran besar, sehingga memudahkan kita memilih aplikasi yang ingin kita jalankan.

MediaSmart memuat beragam aplikasi, mulai dari pemutar audio/video, perpustakaan gambar, internet browser, notes, todo, dan game. Sebagian besar aplikasi (seperti pemutar audio/video, perpustakaan gambar, dan notes) adalah aplikasi yang menyatu di dalam MediaSmart. Artinya ketika dijalankan, aplikasi tersebut memiliki menu dengan tombol-tombol berukuran besar sehingga mudah digunakan layaknya MediaSmart. Namun untuk beberapa aplikasi, icon di MediaSmart lebih berupa shortcut. Contohnya ketika Anda mengklik icon di browser, MediaSmart menutup dan keluar jendela Internet Explorer.

Nah, di sinilah menurut kami tantangan terbesar menggunakan Touchsmart. Pasalnya penggunaan layar sentuh di luar MediaSmart tidaklah begitu nyaman. Sensor sentuhnya terasa kurang presisi dalam menangkap gerakan tangan, sehingga agak sulit untuk memilih area berukuran kecil. Ini kami rasakan saat mencoba browsing internet dan memilih sebuah link. Kami harus menekan berkali-kali area di sekitar link, baru link tersebut terpilih.

Namun jangan khawatir, Touchsmart tetap menyediakan keyboard dan mouse jika Anda lebih memilih cara “konvensional”. Keyboard dan mouse tersebut berbasis Bluetooth, dan tersedia pula remote control berbasis infra merah. Jadi Anda bisa mengoperasikan komputer ini dari sofa Anda yang empuk. Touchsmart juga termasuk perangkat golongan “satu kabel” seperti NEC Powermate 5000, yang maksudnya cuma butuh satu kabel (kabel power) untuk bisa beroperasi.

Sayangnya karena terlalu singkatnya waktu pengujian, kami tidak berkesempatan menguji secara menyeluruh performa Touchsmart IQ500 ini. Namun dari pengalaman kami menggunakannya beberapa saat, penggunaan Touchsmart IQ500 terasa responsif, termasuk pada mode sentuh (yang membutuhkan kerja sistem yang cepat). Namun penggunaan kartu grafis nVidia GeForce 9300M GS (yang termasuk kelas entry-level), memang tidak memungkinkan Anda memainkan game kelas berat.

***

Menurut HP, Touchsmart IQ500 ditujukan sebagai komputer keluarga yang bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga, termasuk orang tua dan anak-anak yang belum mahir benar mengoperasikan komputer. Tujuan itu cukup berhasil; dengan catatan kita harus berada di dalam aplikasi MediaSmart. Di luar aplikasi tersebut, cukup sulit mengoperasikan layar sentuhnya. Untungnya aplikasi yang terintegrasi di MediaSmart cukup memadai, sehingga Anda dan keluarga mungkin lupa kalau sedang mengoperasikan sebuah komputer. (Wisnu Nugroho)

Sumber : Info Komputer

—————————————————————————–

Plus : Layar sentuh; kapasitas harddisk 500GB; desain cantik.

Minus : Sensor layar kurang presisi; harga tinggi.

Skor Penilaian

Kinerja    : 4

Fasilitas             : 4,5

Kemudahan        : 4,5

Harga                : 3

Skor Total         : 4,05

Spesifikasi HP Touchsmart IQ500

Prosesor Intel T5850 (2,16 GHz, 2 MB L2 Cache, 667 MHz)
RAM DDR2, 4GB (Maks. 4GB)
Chipset GM965M Express
Kartu Grafis nVidia GeForce 9300M GS
Kartu suara Tidak menyebutkan
Harddisk SATA, 500GB
Optical drive DVD Writer
Fasilitas WiFi b/g/n, Bluetooth, Inframerah, Gigabit Ethernet, SPDIF, TV Tuner (digital), FireWire, 5in1 card reader, USB (5x)
Layar 22 inci, 1680×1050 pixel
Sistem Operasi Windows Vista Home Premium 64bit
Dimensi 53,5×44,2×8,4cm
Bobot 10,7 kg
Garansi 1 tahun
Situs Web http://www.hp.com
Harga kisaran* US$ 1960

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s